Iklan

Iklan

Terima Kunjungan FRWRT, Kang Jimat: Forum RW/RT Harus Mampu Mensosialisasikan Program Pemerintah dan Menampung Aspirasi Warga

klikindonesia
6 Sep 2021, 16:14 WIB Last Updated 2021-09-06T09:14:10Z

Subang- Bupati Subang H. Ruhimat, menerima kunjungan pengurus Forum Rukun Warga Rukun Tetangga (FRWRT) Kabupaten Subang di Rumah Dinas Bupati, Senin (6/9/2021).

Kunjungan tersebut merupakan upaya koordinasi yang dilakukan forum RW/RT Kabupaten Subang kepada pemerintah daerah terkait aspirasi para ketua RW dan RT di Kabupaten Subang.

Dalam kesempatan tersebut ketua forum RT/RW Kabupaten Subang Asep Dadan Nugraha menyampaikan rasa terima kasihnya mewakili para ketua RW dan RT se Kabupaten Subang terkait realisasi janji Bupati tentang kenaikan honorarium RW/RT tahun 2021 yang telah diterima, serta pemberian dana stimulus RT dalam rangka pemberdayaan ekonomi masyarakat sebesar 10 juta/RT yang manfaat nya benar-benar dirasakan oleh masyarakat. Asep pun meminta dukungan kang Jimat terkait penyediaan sarana kesekretariatan forum agar dapat meningkatkan kinerja secara optimal dalam mendukung kinerja dan aspirasi RW/RT yang tergabung dalam forum tersebut.

Sementara itu ketua dewan Penasehat dan pertimbangan forum RW/RT Teddy Koswara menyampaikan apresiasinya atas perhatian kang Jimat kepada perangkat ketua RT dan RW di Kabupaten Subang. Adapun perhatian yang dimaksud adalah berupa penambahan uang insentif senilai Rp1.000.000 per tahun anggaran kepada setiap ketua RT dan RW se-Kabupaten Subang dan dana stimulus  yang telah direalisasikan di Tahun Anggaran 2021.

Tambah Teddy, berdasarkan hasil evaluasi pengurus forum perlu adanya upaya optimalisasi peran forum RTRW dibidang pemerintahan dengan pemerintah daerah terutama terkait mekanisme penyampaian aspirasi masyarakat melalui RT/RW untuk disampaikan ke pihak berwenang secara cepat dan tanggap respon. "Medianya apa? ke siapa? kapan dan kepihak mana?harus disampaikan, mungkin bisa dibuat regulasi agar kami lebih mudah menyampaikan aspirasi tersebut" ujar Teddy. 

Teddy menyampaikan bahwa peran ketua RT dan RW sangat besar dalam meredam gejolak dan sosial kontrol di masyarakat. Untuk itu, perlu ditingkatkannya peran forum dalam melaksanakan pembinaan, agar terbentuknya sinergitas dan koordinasi yang solid antar tingkatan untuk meredam berbagai gejolak sosial maupun sosialisasi program pemerintah ditingkat RT/RW.

Sementara itu, Kang Jimat menyampaikan apresiasinya kepada forum RW dan RT Kabupaten Subang yang senantiasa bersinergi mengkoordinasikan para ketua RT dan RW dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang terjadi di masyarakat. 

Terkait media penyampai aspirasi, kang jimat segera menginstruksikan kepada dispemdes untuk menunjuk PPIC atau koordinator sebagai penampung aspirasi dan laporan forum RW/RT, serta segera membuat juklak (petunjuk pelaksanaan) dan juknis (petunjuk teknis) sebagai panduan bagi RT dalam menggunakan dana stimulus pemberdayaan ekonomi masyarakat tingkat RT sebesar 10 juta/RT. "Segera buat PPIC untuk menangani hal ini, minimal grup whatsapp antara pemerintah, pihak dispemdes serta forum, juga buat juklak dan juknis bagi para RT tentang penggunaan dana stimulus 10 juta" ujar kang Jimat.

Dirinya berharap agar forum RW dan RT Kabupaten Subang dapat berperan besar dalam penguatan, pembinaan serta sosialisasi berbagai program pemerintah dan berperan sebagai penampung aspirasi masyarakat kepada pemerintah daerah Kabupaten Subang.

Hadir dalam kesempatan tersebut Asda 1 H. Rahmat Effendi, Sekdis pemdes Kabupaten Subang beserta jajaran, ketua dewan penasehat, ketua Forum RW dan RT Kabupaten Subang beserta jajaran.




Laporan : Jay
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Terima Kunjungan FRWRT, Kang Jimat: Forum RW/RT Harus Mampu Mensosialisasikan Program Pemerintah dan Menampung Aspirasi Warga

Terkini

Iklan

Close x