Iklan

Iklan

Helmy Yahya Dukung Subang Sebagai Produsen Arang Dunia

klikindonesia
27 Mei 2021, 19:27 WIB Last Updated 2021-05-27T12:27:17Z

NET9.COM | SUBANG- Bupati Subang H. Ruhimat yang akrab disapa Kang Jimat beserta Helmy Yahya meninjau lokasi pengolahan dan produksi briket arang di kawasan desa Ciawitali kecamatan Serangpanjang, Rabu (26/5/2021)

Dalam kunjungannya Kang Jimat dan Helmy melihat kesiapan lokasi pembuatan briket arang yang dibuat dari arang hasil pilahan atau yang berasal dari tungku atau pusat produksi arang di beberapa lokasi terdekat.

Menurut Kang Jimat dirinya mendukung penuh upaya para pengrajin arang Subang untuk menjadikan arang Subang sebagai komoditas unggulan di tingkat dunia. Sebagai wujud nyata atas dukungan tersebut kang Jimat telah menyiapkan anggaran tahun ini untuk pembangunan 50 tungku arang di desa-desa yang berada di pangkuan hutan. "Kami bangun tungku-tungku arang karena menjanjikan, sehingga limbah-limbah akar pohon bisa dimanfaatkan penduduk untuk produksi arang" ujar Kang Jimat.

Kang Jimat pun mengungkapkan bahwa saat ini Kabupaten Subang belum bisa memenuhi berbagai pesanan yang berasal dari negara lain seperti Arab Saudi, Australia, Turki dan Korea serta berharap dengan adanya pembuatan tungku-tungku baru dapat membantu meningkatkan produksi arang tersebut.

Kang Jimat pun bersyukur bahwa kini Kabupaten Subang telah menjadi sentra arang Jawa Barat dan akan terus dikembangkan untuk menjadi sentra arang di Indonesia. Kang Jimat menjelaskan pula bahwa terkait regulasi ekspor arang, Kabupaten Subang saat ini merupakan satu-satunya di Jawa Barat yang memiliki izin tersebut. "Alhamdulillah baru di Subang yang memiliki dan memenuhi kriteria dan persyaratan untuk ekspor arang di Jawa Barat" tutur Kang Jimat.

Sementara itu Helmy Yahya sangat mendukung berbagai upaya yang dilakukan pemerintah Kabupaten Subang dalam rangka mendukung pengembangan usaha arang di Kabupaten Subang dan berharap arang Subang menjadi komoditas ekspor yang mendunia. Salah satu upaya dukungan yang dilakukannya saat ini yaitu tetap memberikan bimbingan dan mentoring kepada para pengusaha muda Subang khususnya dalam pengelolaan komoditas arang.

Hadir pula mendampingi kang Jimat Sekda Subang H. Asep Nuroni S.Sos, M.Si dan Kadisparpora Subang Drs. Asep Setia Permana M.Si beserta Jajaran.



Laporan : Jayalangit
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Helmy Yahya Dukung Subang Sebagai Produsen Arang Dunia

Terkini

Iklan