Iklan

Iklan

Bupati Subang Paparkan Program Jawara Wisata di Depan Menteri Pariwisata Sandiaga Uno

klikindonesia
19 Mei 2021, 21:42 WIB Last Updated 2021-05-19T14:42:56Z


NET9.COM | SUBANG- Bupati Subang H. Ruhimat berkesempatan memaparkan visi kepariwisataan Kabupaten Subang yang terangkum dalam program Jawara Wisata kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Salahudin Uno di Balairung Soesilo Soedirman, Gd. Sapta Pesona Jakarta, Rabu (19/5/2021)

Dalam paparannya kang Jimat menjelaskan bahwa pemerintah Kabupaten Subang memiliki program Subang Jawara yang salah satunya adalah Program Jawara Wisata yang membidangi sektor pariwisata, seni dan budaya.

Terkait potensi pariwisata di Kabupaten Subang kang jimat menyampaikan berbagai potensi pariwisata Subang yang diantaranya:
- Zona Selatan: terdapat potensi kawasan wisata alam, pemberdayaan masyarakat dan KSPN Jawa Barat
- Zona Tengah: terdapat potensi wisata buatan dan wisata budaya
- Zona Utara: terdapat potensi Konservasi, wisata bahari dan Kawasan Pelabuhan Patimban. 

Kang Jimat pun menambahkan bahwa Kabupaten Subang berada pada lokasi strategis segitiga rebana yang wilayahnya meliputi Cirebon, Patimban (Subang), dan Kertajati (Majelengka) memiliki Kegiatan KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) Industri, Ditunjang dengan Pelabuhan Patimban, Bandara Kertajati di Majalengka, Jalan Tol Cipali, Bandung dan Kertajati. "Kabupaten Subang memiliki peran penting sebagai kawasan pendorong berkembangnya 
Setigita Rebana berupa perencanaan pembangunan 10 kawasan perusahaan potensial" tandas kang Jimat

Sebagai wujud nyata pengembangan sektor pariwisata di Kabupaten Subang, pemerintah daerah telah melaksanakan Launching 15 Desa Wisata yang terdiri dari 8 desa wisata embrio dan 7 desa wisata berkembang. Adapun desa wisata tersebut meliputi: 
- Kecamatan Ciater (Desa Cibeusi, Desa Sanca dan 
Desa Cisaat)
- Kec. Jalancagak (Desa Bunihayu)
- Kec. Kasomalang (Desa Pasanggrahan dan Desa kasomalang Kulon)
- Kec. Tanjungsiang (Desa Cibuluh, Desa Buniara, Desa Kawungluwuk, dan Desa Tanjungsiang)
- Kec. Cisalak (Desa Cisalak, Desa Sukakerti, Desa Cimanggu, dan Desa Cipunagara)
- Kec. Cijambe (Desa Cirangkong)

Terkait Pengembangan 
Pariwisata Subang kang Jimat mengungkapkan bahwa saat ini pemerintah daerah sedang dalam tahap mengembangkan Kawasan Wisata (Zona Subang Selatan), penyediaan sarana insfrastruktur berupa Aksesibilitas & Amenitas, mengadakan berbagai pelatihan peningkatan skill Pelaku Ekraf serta Pengembangan SDM di sektor Pariwisata.

Menutup pemaparannya kang Jimat mengajukan permohonan dukungan dari pemerintah pusat khususnya menteri Pariwisata dan ekonomi kreatif dalam pengembangan sektor pariwisata di Kabupaten Subang dan mendapat respon positif bahwa Sandiaga Uno siap membantu mempromosikan produk wisata melalui media internal kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif termasuk melalui media pribadinya.(Jay) 
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bupati Subang Paparkan Program Jawara Wisata di Depan Menteri Pariwisata Sandiaga Uno

Terkini

Iklan