Iklan

Iklan

Tuntut Kenaikan Upah, ABSB Lakukan Aksi Damai di Depan Kantor Disnakertran Subang

klikindonesia
21 Apr 2021, 19:46 WIB Last Updated 2021-04-21T12:46:47Z

NET9.COM | SUBANG- Alias Buruh Subang Bersatu (ABSD) lakukan aksi damai di depan Kantor Disnakertrans Kabupaten Subang, menuntut kenaikan Upah Kerja siang tadi, Rabu 21 April 2021 sekitar pukul 10:00 WIB.

Masa aksi tiba di Kantor Disnakertrans Kabupaten Subang sekitar pukul 11:00 WIB, namun tidak langsung melakukan aksi karena menunggu adzan dzuhur untuk melakukan shalat dzuhur berjamaah.

Usai shalat dzuhur berjamaah masa aksi pun langsung melakukan orasi di depan Kantor Disnakertrans Subang yang disampaikan oleh Ayub dari FSPMI, yang menyampaikan tentang ketidak puasannya dengan gaji para karyawan yang dianggapnya terlalu rendah.

Ditempat yang sama perwakilan buruh yang lain, Hesti Setyorini juga melakukan orasi yang sama dengan mengatakan banyak buruh yang bekerja namun sering sekali tidak dibayar di Kabupaten Subang, banyak perusahaan yang masih belum menjalankan aturan maka dari pada itu kami menuntut keadilan terhadap pemerintah agar Omnibuslaw dicabut karena merugikan kaum buruh, ucapnya.

Dan selanjutnya sekitar pukul 02:00 WIB, dilaksanakan Audiensi yang dihadiri oleh Kadisnakertrans Kabupaten Subang, Anggota DPRD Subang, perwakilan dari Apindo, perwakilan Bag Hukum Pemda Subang, Perwakilan Dinas Pengawasan Provinsi Jabar, Kasie HI Disnakertrans Subang, Staf Perlin Disnakertrans Subang, perwakilan BPJS Ketenagakerjaan Subang, perwakilan serikat Buruh Ketua Fspmi Subang, perwakilan Kasbi Subang, SBSI dan Ketua SPN.

Dalam audiensi tersebut kepala Disnakertrans Subang menyampaikan bahwa intinya kami atas nama pemerintah terkait tuntutan rekan-rekan buruh yang ada di Kabupaten Subang akan kami bahas dengan para pengusaha atau pemilik perusahaan yang di wilayah Kabupaten Subang, yang mudah-mudahan dapat memenuhi apa yang diinginkan oleh rekan-rekan, ujarnya.

Menimpali hal itu Ketua serikat FSPMI Kabupaten Subang, Suwira menyampaikan beberapa hal yang diantaranya,

a. Terkait mekanisme kenaikan upah diatas upah minimum yang masih belum menjadi dasar sebuah keharusan bagi perusahaan sektor yang telah megupah diatas upah minimum untuk mau menaikan upah 2021 yang harus berlaku sejak per 01 Januari dan unsur pemerintah harus benar - benar mengawasi pada pelaksanaannya.

b.Terkait dengan kenaikan Upah yang tidak ada kejelasan, sebanyak 23 perusahaan yang ada di Kabupaten Subang tindakan apa yang akan dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Subang.

c.Harapan kami semua selaku Pekerja/Buruh, agar pejabat dan pemerintahan Kabupaten Subang mempunyai kesadaran untuk memperhatikan Buruh serta agar benar-benar diperhatikan.

d.Disnakertrans Subang agar terus memantau dan sampai mana tanggapan pihak perusahan terkait surat himbauan yang dilayangkan Disnakertrans Subang terhadap perusahaan untuk dilakukan perundingan, ungkap Suwira.

Melalui perundingan yang cukup alot, seraya menutup audiensi tersebut Kadisnakertrans Subang mengatakan, "Kami akan melakukan kunjungan terhadap perusahaan yang tidak menanggapi surat edaran untuk dilakukan perundingan dengan Serikat Pekerja."

"Biar jelas kedua belah pihak bisa dihadirkan agar ada titik temu, karena kami pun berharap sama dengan rekan-rekan menginginkan seluruh warga subang yang berprofesi sebagai buruh bisa mendapatkan gaji yang layak dan sesuai dengan peraturan yang berlaku," pungkasnya.

Dalam hal pengamanan terkait aksi damai ABSB tersebut, atas arah dan petunjuk dari Kapolres Subang, AKBP Aries Kurniawan Widiyanto,SH., pengamanan dipimpin oleh Kapolsek Subang Kompol Yayah Rokayah dengan didampingi Perwira Polres Subang yang terlibat dalam Sprin dan sejumlah Personel Polres Subang sebanyak 99 personil.

Disampaikan Kompol Yayah, kegiatan aksi buruh ABSB ini, dari awal sampai ahir berjalan dengan aman dan lancar tidak ada gesekan sama sekali bahkan tidak sampai membuat kemacetan jalan raya, jelasnya.(Jay) 
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tuntut Kenaikan Upah, ABSB Lakukan Aksi Damai di Depan Kantor Disnakertran Subang

Terkini

Topik Populer

Iklan

kiri kanan

CLOSE ADS
-->
CLOSE ADS
-->