Iklan


 

Iklan

Tumbuhkan Petani Milenial, Bupati Subang Bahas Program YESS Bersama Seluruh Stake Holder

klikindonesia
1 Apr 2021, 18:59 WIB Last Updated 2021-04-01T11:59:01Z

NET9.COM | SUBANG- Bupati Subang H. Ruhimat menghadiri sekaligus membuka Rapat Koordinasi Program YESS yang menghadirkan seluruh stake holder se Kabupaten Subang tahun 2021 di ruang aula BP4D, Kamis (1/4/2021).

Rapat Koordinasi tersebut dilaksanakan dalam rangka tindak lanjut terkait terpilihnya Subang bersama 14 Kabupaten lainnya dalam Program YESS (Youth Entrepreuneurship and Employment Support Services Programme) yaitu Program Pengembangan Kewirausahaan dan Ketenagakerjaan Pemuda di sektor Pertanian.

Dalam laporannya Kaban BP4D sekaligus koordinator stake holder Program YESS Kabupaten Subang Hari Rubiyanto. S.STP, M.Si menuturkan bahwa Program YESS merupakan program yang dapat memacu anak muda untuk berperan serta menjadi petani milenial yang memiliki Sumber Daya Manusia di bidang pertanian yang profesional, mandiri, berdaya saing dan memiliki jiwa wirausaha.

Hari pun menyatakan bahwa rapat koordinasi ini melibatkan berbagai unsur perangkat daerah diantaranya dinas pertanian, dinas peternakan, dispemdes, dinas pendidikan, dinas parpora, ketahanan pangan, disdukcapil, disnaker dan bagian perekonomian serta melibatkan pula pihak perbankan.

Sementara itu Direktur Polibangtan sekaligus penanggung jawab program YES Jawa Barat Dr. Ir. Siswoyo, MP memaparkan bahwa program Yess merupakan program kementerian pertanian berskala nasional bahkan internasional yang dilaksanakan di 4 provinsi dan 15 Kabupaten di Indonesia.

Adapun di Jaww Barat dilaksanakan di Kabupaten Subang, Tasikmalaya, Cianjur dan Sukabumi. Ir. Siswoyo mengatakan bahwa tujuan dibentuknya tim koordinasi stake holder program Yess adalah berbagi pengetahuan dan pengalaman pengembangan sektor pertanian, bertanggung jawab mensukseskan program, memberikan saran dan masukan terkait pelaksanaan program serta menyiapkan rencana aksi pemberdayaan pemuda pertanian, pendampingan, monitoring dan evaluasi.

Dalam sambutannya Kang Jimat mengatakan bahwa penyelenggaraan forum rapat koordinasi ini merupakan momen yang sangat penting dan strategis untuk mengkomunikasikan serta mengkoordinasikan rencana pelaksanaan pembangunan di bidang pertanian yang mampu menjawab isu-isu strategis.

Kang jimat pun menyampaikan bahwa pemerintah daerah telah melakukan berbagai upaya salah satunya kerjasama dengan PTPN VIII dalam rangka optimalisasi pemanfaatan lahan yang salah satunya untuk pembangunan Kampung tani milenial. "Ada 6000 Hektar yang bisa di manfaatkan" ujar kang Jimat.

Hadir dalam kesempatan tersebut Direktur polibangtan, perwakilan pengurus YESS Jawa Barat, Pj. Sekda, Asda, kepala perangkat daerah terkait, para camat se Kabupaten Subang melalui zoom meeting dan pimpinan bank BJB Subang.


Laporan : Jayalangit
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tumbuhkan Petani Milenial, Bupati Subang Bahas Program YESS Bersama Seluruh Stake Holder

Iklan


Terkini

Iklan