Iklan

Iklan

Potensi Wisata Pantai Sarwajala, Desa Bungko Lor Butuh Akses Jalan

klikindonesia
14 Mar 2021, 10:10 WIB Last Updated 2021-03-14T03:10:34Z

NET.9.COM-Cirebon - Mengisi waktu akhir pekan di desa bungko lor kecamatan kapetakan kabupaten cirebon. Tidak ada salahnya jalan jalan ke alam bebas untuk menikmati panorama keindahan alam mangrove dan ombak lautan pesisir pantai utara. 

Ada suatu tempat yang bagus dan pas untuk mengisi waktu liburan akhir pekan di desa bungko lor kecamatan kapetakan, yakni pantai rakyat atau biasa  disebut dengan nama Pantai SARWAJALA yang artinya Pasukan Perang zaman terdahulu. 

Lokasi pantai ini berada di lokasi strategis dan mudah dijangkau sebab berada di perbatasan wilayah kabupaten cirebon - Indramayu. 

Tempat wisata pantai ini dekat dengan jalan raya perbatasan cirebon indramayu, 3 Kilometer. 

Meski masa pandemi ini tempat wisata itu masih diberi kelonggaran seperti diantaranya pantai Sarwajala ini terbuka bagi wisatawan namun dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Dengan menggunakan Masker. 

Para wisatawan bisa menikmati indahnya panorama pantai sambil duduk atau mancing (spot) sambil berfoto foto (selvi) dengan pemandangan pesisir Laut Pantai Utara Yang Indah. 

Ketua pengelola dan juga sekaligus Ketua Bumdes desa Bungko lor, Samsu mengatakan, bahwa di bulan ini ada sedikit pemandangan berbeda dari sebelumnya yakni adanya serbuan burung burung laut yang kini  nampak singgah di pantai ini jumlahnya mencapai ribuan sehingga pemandangan panorama pantai pesisir Laut SARWAJALA saat ini nampak indah, Ucap Samsu Kepada awak media. Sabtu (13/03/2021). 

Lanjutnya Samsu, walaupun pantai ini tergolong sangat baru yang dibangun sekitar 7 bulan lalu, dengan anggaran dana BUMDES. Namun para pengunjung nampak penasaran  berdatangan ke lokasi wisata ini untuk berfoto foto dan mancing kakap. 

"walaupun faktor fasilitas penunjang ditempat wisata pantai ini tergolong minim tapi kami sudah berusaha maksimal untuk memanjakan para pengunjung wisatawan dengan memanfaatkan perahu  dan pesan makanan kuliner khas daerah kita dengan cara pesan chatring. Karena dilokasi wisata ini masih belum ada tempat atau jajanan kuliner. Jadi sementara pengunjung kita manjakan dengan chatring, katanya. 


Samsu menjelaskan, sebetulnya Potensi alam pantai wisata desa kita ini yang banyak ditumbuhi pepohonan mangrove disekitaran lokasi pantai ini sudah cukup baik, akan tapi kita sayangkan akses jalan menuju ke tempat lokasi masih belum optimal sehingga dapat menghambat para pengunjung enggan berdatangan ke lokasi. 

Walaupun demikian, pihaknya sudah berusaha untuk mengembangkan potensi lokasi wisata pantai desa kita ini dengan maksimal. 

Samsu sangat berharap kepada pemerintah daerah maupun tingkat provinsi Jawa Barat agar dapat mengentaskan dan mendukung pembangunan lokasi tempat desa wisata mangrove pantai Sarwajala ini sehingga kedepan program kita yang sudah di canangkan yakni tentang sarana pendukung dan penghijauan, tempat spot serta gubuk  bambu terapung ditambah makanan kuliner dan lainya dapat kita bangun.

Samsu menambahkan, kami sudah berupaya untuk mengangkat desa kita ini supaya nanti kedepanya bisa menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). 


Pantai Sarwajala ini adalah wisata yang baru di wilayah pesisir utara perbatasan wilayah cirebon Indramayu ini merupakan potensi yang sangat bagus dengan ditata kembali agar pengunjung merasa nyaman. Terutama akses jalan. 

Kita juga sudah berusaha mengajukan ke Provinsi untuk pengembangan selanjutnya. Dan unsur di wilayah setempat sudah sangat mendukung dan kita juga butuh dukungan dari semua pihak untuk bisa pengembangan desa wisata ini untuk lebih maju lagi. Tutupnya. 


Laporan: Bobon. S
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Potensi Wisata Pantai Sarwajala, Desa Bungko Lor Butuh Akses Jalan

Terkini

Topik Populer

Iklan

kiri kanan

CLOSE ADS
-->
CLOSE ADS
-->