Iklan


 

Iklan

Bupati Subang Tanda Tangani Kesepakatan Hibah Proyek Pengembangan Sistem Pertanian Terpadu

klikindonesia
25 Mar 2021, 13:54 WIB Last Updated 2021-03-25T06:54:54Z

NET9.COM | SUBANG- Sebagai bentuk komitmen kesuksesan implementasi proyek Upland Bupati Subang H. Ruhimat bersama 14 Kabupaten lain se Indonesia menandatangani Kesepakatan hibah Proyek Pengembangan Sistem Pertanian terpadu di Daerah Dataran Tinggi/ UPLAND (The Development of Integrated Farming System at Upland Area) yang dilaksanakan di Hotel Aston, Jakarta, Rabu (24/3/2021).

Dalam sambutannya Direktur Irigasi Pertanian (PSP) Kementan Ir. Rahmanto menyampaikan bahwa proyek UPLAND bertujuan meningkatkan produktivitas pertanian, pendapatan petani di daerah dataran tinggi melalui pengembangan insfrastruktur lahan dan air, pengembangan sistem pertanian modern dan penguatan sistem kelembagaan. Dirintis sejak 2019 Proyek UPLAND merupakan kegiatan pengembangan komoditas pertanian unggulan yang berorientasi ekspor, dibiayai dari pinjaman Islamic Develooment Bank (IsDB) dan International Fund for Agricultural Development (IFAD) yang dihibahkan ke pemerintah daerah yang wilayahnya menjadi pilot project pelaksanaan program ini. "hari ini akan ditandatangani kesepakatan hibah proyek UPLAND 13 pemerintah daerah dengan pusat" ujar Ir. Rahmanto. 

Dari 14 Kabupaten yang wilayahnya dijadikan lokasi pelaksanaan Proyek UPLAND hanya 13 yang mendatangani nota kesepahaman Hibah program, adapun ke 13 Kabupaten tersebut antara lain Banjarnegara, Garut, Gorontalo, Lebak, Lombok Timur, Magelang, Malang, Minahasa Selatan, Purbalingga, Sumbawa, Sumenep, Tasikmalaya dan Subang. Sementara itu Cirebon yang sampai dengan saat ini belum memberikan respon terkait tindaklanjut program Upland dianggap mengundurkan diri dan rencananya akan digantikan oleh Kabupaten lain.

Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan Sarwo Edhy menuturkan bahwa dalam pelaksanaannya tentu akan banyak tantangan yang dihadapi setiap daerah diantaranya pengembangan komoditas yang berbeda di tiap daerah dan waktu yang terbatas, namun dirinya berharap agar proyek UPLAND yang diawali di 13 Kabupaten ini dapat berjalan sukses. "Bukan saja untuk keberhasilan pembangunan pertanian tetapi juga untuk generasi indonesia dimasa yang akan datang" ujar Sarwo Edhy.

Sementara itu Kang Jimat sapaan akrab bupati Subang merasa gembira atas terpilihnya Kabupaten Subang sebagai lokasi pelaksanaan Proyek UPLAND dan berharap dapat  berjalan dengan baik serta akan tetap menjaga sinergitas dengan pusat demi kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan program ini yang tentunya dapat menjadi jalan mewujudkan kesejahteraan masyarakat Subang.

Hadir mendampingi kang Jimat kadis pertanian Subang Dr. H. Hendrawan SP, MM.


Laporan : Jayalangit
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bupati Subang Tanda Tangani Kesepakatan Hibah Proyek Pengembangan Sistem Pertanian Terpadu

Iklan


Terkini

Iklan