Iklan

Iklan

13 Ribu Hektar sawah di 18 Kecamatan Terancam Puso

klikindonesia
1 Mar 2021, 20:49 WIB Last Updated 2021-03-01T13:49:28Z
Plt.Kadis Pertanian Kabupaten Subang H.HENDRAWAN SP.MM

NET.9 - Subang : Plt Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Subang H.Hendrawan.SP.MM. mengungkapkan sekitar 13 ribu hektar sawah di 18 Kecamatan terancam puso dan gagal panen Kerugian meteri diperkirakan mencapai sekitar 6 milyar rupiah,

Selanjutnya Kadis Pertanian H.Hendrawan mengatakan " Kerugian petani penggarap sawah tersebut akibat bencana banjir merendam ribuan hektar sawah mengakibatkan terkena dampak puso,"Ujarnya pada hari senin 1 Mart 2021.

Untuk mengantisipasi agar tidak terjadi banjir kembali di pantura Kabupaten Subang, lanjut dia , maka bendung sadawarna agar secepatnya pembangunya diselesaikan, selain itu tanggul-tanggul nya juga harus di bangun dengan Tembok Penahan Tanah (TPT) dan tidak menggunakan tanggul tanah. Yang mudah jebol tergerus banjir.

Selain itu dampak terjadinya banjir adanya kegiatan terpadu dari 10 daerah aliran sungai (DAS) yang berada di wilayah Selatan Kabupaten Subang juga dampak dari adanya lahan gundul sehingga erosi terbawa air ke daerah hilir yang mengakibatkan pendangkalan sungai maka terjadi luapan air. Dan di iwilayah selatan ada lahan-lahan yang gundul dan lahan-lahan yang terbuka tidak tertanam.

Divegetasi tanah lanjut H.Hendrawan itu dihawatirkan karena erosi sedimentasi terbawa oleh sungai ketengah, sampai ke wilayah daerah aliran sungai, jadi kegiatannya konservasi lahan harus dari sekarang , karena Biar bagaimanapun juga apalagi kemiringan di atas 20% itu akan membahayakan longsor,” Pungkasnya.(HYS).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • 13 Ribu Hektar sawah di 18 Kecamatan Terancam Puso

Terkini

Topik Populer

Iklan

kiri kanan

CLOSE ADS
-->
CLOSE ADS
-->