Iklan

Iklan

Karang Taruna Kabupaten Cianjur Upayakan Ekonomi Produktif Berwawasan Lingkungan

klikindonesia
14 Feb 2021, 11:41 WIB Last Updated 2021-02-14T05:17:33Z
Ketua Karang Taruna Kabupaten Cianjur, Mudrikah, lakukan penanaman bibit kopi arabica di Kecamatan Takokak sebagai upaya peningkatan derajat perekonomian masyarakat, sekaligus melakukan penghijauan kawasan, guna meminimalisir terjadinya bencana longsor dan banjir.

NETSEMBILAN.COM | CIANJUR - Pengurus Karang Taruna Kabupaten Cianjur, pada Sabtu (14/02/2021) kemarin, laksanakan Louncing Penanaman 2500 Bibit Kopi jenis Arabica yang berlokasi di Kecamatan Takokak sebagai upaya penguatan jerajat perekonomian bagi para kader dan masyarakat sekitar.

"Kita tanam dilahan seluas 2 hektar," ujar Ketua Karang Taruna Kabupaten Cianjur, Mudrikah kepada netsembilan.com. Minggu (14/02/2021).

Dijelaskannya, penanaman 2500 bibit kopi tersebut adalah salah satu program yang sedang digalakkan oleh pihak Karang Taruna Kabupaten Cianjur disektor usaha ekonomi produktif. Hal itu dikarenakan di wilayah kecamatan lainnya sudah dijalankan pula upaya yang sama dengan jenis usaha yang berbeda. Seperti salah satunya ialah usaha tambak ikan oleh pengurus Karang Taruna Kecamatan Cianjur di Desa Nagrak.

"Untuk jenis usaha yang digalakkan ditiap kecamatan tentu berbeda. Ini tergantung dari ketersediaan lahan dan peluang usahanya," kata Mudrikah.

Menurut Mudrikah, dipilihnya kopi arabica sebagai jenis usaha produktif di Kecamatan Takokak tidak terlepas dari kondisi alam dan ketersediaan lahan. Iklim sejuk dengan tekstur tanah yang gembur akan memungkinkan tanaman kopi ini akan tumbuh sehat dan mampu memproduksi biji kopi arabica yang berkualitas.

"Dan masa tanam hingga bisa dipetik hasilnya akan jauh lebih cepat. Sekitar 1 tahun lebih, lahan 2 hektar ini akan bisa dipanen," ucapnya.

Dari sisi perlindungan alamnya, lanjut Mudrikah, tanaman kopi yang berakar kuat, akan mengunci tanah gembur untuk tidak mudah longsor. Demikian pula, dikemudian hari akan menjadi media serapan air hujan untuk mencegah terjadinya bencana banjir.

"Jadi, selain dari sisi ekonomi, kita juga memikirkan upaya meminimalisir dampak bencana alam bagi masyarakat sekitar," tambah Mudrikah.

Dalam pandangannya, semua upaya yang dilakukan oleh jajaran pengurus Karang Taruna Kabupaten Cianjur, tidak akan terlaksana apabila tidak dibarengi dengan dukungan, dorongan serta bantuan dari semua pihak terkait. Baik itu dari pemerintah maupun pribadi - pribadi yang mempunyai kepedulian yang sama.

"Saya ucapkan banyak terima kasih kepada semua yang turut serta terlibat dalam setiap kegiatan Karang Taruna Kabupaten Cianjur," pungkasnya.


Laporan : (Ruslan Ependi)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Karang Taruna Kabupaten Cianjur Upayakan Ekonomi Produktif Berwawasan Lingkungan

Terkini

Iklan

Close x