Iklan

Iklan

Kapolres Purwakarta Tak Mau Kecolongan Lakukan Tes Urine Pada Personil Polres Polsek Dan Jajaran nya

klikindonesia
27 Feb 2021, 17:44 WIB Last Updated 2021-02-27T10:44:39Z

NET.9.COM-PURWAKARTA - Tak mau kecolongan secara mendadak, Kapolres Purwakarta, AKBP Ali Wardana melakukan tes urine terhadap jajaran anggota Polres dan Polsek di wilayah Kabupaten Purwakarta.

Kapolres Purwakarta AKBP Ali Wardana melalui Kabag Sumda, Kompol Arfai Chriesirian, mengatakan, bahwa kegiatan tes urine kepada anggota ini adalah program rutin dalam rangka untuk meningkatkan kedisiplinan anggota.

"Sesuai araha Pak Kapolres, sebelum menertibkan masyarakat maka kita lakukan penertiban anggota, apalagi Narkoba menjadi salah satu atensi dari Pak Kapolri," ungkap Chries sapaan akrabnya, pada Sabtu (27/2/2021).

Dijelaskannya, kedisiplinan anggota, salah satunya adalah tentang Narkoba menjadi salah satu program Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, untuk itu Polres Purwakarta melaksanakan tes urine secara dadakan dan berkala, bagi personel Polres dan Polsek jajaran.

Belum lama ini, kata Chries, pihaknya bersama Kasi Propam, Iptu Agus Haryanto dan KBO Satres Narkoba, Iptu Rudiyanto serta pejabat sementara Paur Kesehatan, Aiptu Istianul Badiah melakukan Sidak test urine terhadap puluhan personel polisi di tiga Polsek.

"Kemarin kita lakukan test urine di tiga Polsek, yakni Polsek Cibatu, Polsek Campaka dan Polsek Bungursari.Tes urine itu menyasar para anggota mulai dari kapolseknya hingga jajarannya. Nantinya semua Polsek kita bakal sidak untuk test urine ini," ucapnya.

Chries menegaskan, tes urine ini memang rutin digelar guna memastikan para anggota polisi bebas dari narkoba.

Pasalnya, kata dia, ancaman sanksinya sudah jelas sesuai dengan arahan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang bakal memecat dengan tidak hormat anggota yang terbukti mengonsumsi narkoba.

"Kalau ada yang dinyatakan positif (narkoba), itu langsung disanksi karena sudah ada ketentuannya," papar Chries.

Ia menambahkan, dalam hal penindakan kasus penyalahgunaan narkoba, Polres Purwakarta tidak akan tebang pilih, baik masyarakat umum ataupun anggota Polri jika terlibat kasus tersebut akan ditindak dan diproses sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Kita tidak akan menutup nutupi, jika ada anggota yang terlibat narkoba maka akan kami proses. Kami Imbauan kepada seluruh anggota Polres Purwakarta dan Polsek jajaran untuk tidak main-main dengan barang terlarang itu," tegas Chries.

Terpisah, KBO Narkoba, Iptu Rudiyanto menambahkan, bahwa dalam tes urine kali ini melibatkan Si Propam, Ur Dokkes dan Satnarkoba Polres Purwakarta sehingga jika ada anggota yang terindikasi positif bisa langsung ditindaklanjuti.

Bahkan, kata Rudianto, dalam tes urine tersebut digunakan sebuah alat Test kit Narkoba yang bisa mengetahui secara cepat hasil tes urine seseorang.


"Jadi dalam tes urine ini kita gunakan test kit narkoba, dimana bisa langsung diketahui hasilnya. Namun demikian jika ditemukan anggota yang terindikasi positif, akan kita kirimkan hasil tes urinenya ke Laboratorium Forensik untuk ditindaklanjuti lebih lanjut," Papar Rudianto

Ia menjelaskan, di Polsek Bungursari ada sebanyak 41 personel yang di test urine, di Polsek Campaka ada 32 personel dan di Polsek Cibatu ada 31 personel.

"Adapun hasil tes urine yang telah dilakukan di tiga Polsek tersebut, tidak ada anggota yang terindikasi mengkonsumsi narkoba. Semua hasilnya negatif," tutur Rudianto.


Laporan : (P toto N)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kapolres Purwakarta Tak Mau Kecolongan Lakukan Tes Urine Pada Personil Polres Polsek Dan Jajaran nya

Terkini

Topik Populer

Iklan

kiri kanan

CLOSE ADS
-->
CLOSE ADS
-->