Iklan

Iklan

Gorong-Gorong Sifon Jebol di Desa Kosambi Cipunagara, Wakil Bupati Tinjau Lokasi

klikindonesia
12 Feb 2021, 06:37 WIB Last Updated 2021-02-11T23:37:14Z

NET9.COM | SUBANG- Wakil Bupati Subang meninjau gorong-gorong sifon yang jebol di Desa Kosambi Kecamatan Cipunagara yang mengakibatkan harus dilakukan perbaikan dengan dikuranginya debit air yang mengaliri sungai tarum timur menuju Cipunagara dan Compreng dengan dikendalikan di pintu air Jatiluhur sehingga mengakibatkan pasokan air pesawahan dan PDAM berkurang. Kamis (11/2/21).

Dalam kunjungan peninjauan tersebut Kang Akur sapaan akrab Wakil Bupati Subang Agus Masykur dihadiri pula oleh Direktur PJT II, Camat Cipunagara, BBWS Citarum, Kades Kosambi, tim teknis OPT wilayah III PJT II.
Gorong-gorong jebol tersebut mengakibatkan air tarum timur mengalir semua ke sungai Cibarasole Kosambi sehingga bila debit air tidak dikurangi akan mengakibatkan aliran sungai Cibarasole meluap dan menggenangi areal pesawahan.

Perwakilan BBWS Citarum menyatakan bahwa penanganan darurat sementara air akan dialirkan melalui sodetan dan gorong-gorong yang rusak secepatnya diperbaiki mengingat banyak daerah lintasan air sungai tarum lahan pertanian mulai menanam dan membutuhkan air walaupun untuk saat ini masih terbantu dengan air hujan.

Dampak dari rusaknya gorong-gorong tersebut mengakibatkan tidak terairi sawah dan suplai air baku PDAM dan pertamina.

Kang Akur berharap PJT II dan BBWS segera memperbaiki gorong-gorong yang rusak tersebut dengan membuat sodetan sementara sehingga secepatnya aliran sungai kembali normal untuk mengairi areal pesawahan dan pasokan air PDAM dan Pertamina di Cipunagara.

Untungnya saat ini musim penghujan sehingga kebutuhan pasokan air pesawahan masih bisa dikendalikan namun ketika memghadapi musim kemarau hal yang ditakuti areal pertanian dan pasokan air PDAM akan kekeringan sehingga perbaikab gorong-gorong tersebut harus segera dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diharapkan.


Laporan : Jayalangit
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Gorong-Gorong Sifon Jebol di Desa Kosambi Cipunagara, Wakil Bupati Tinjau Lokasi

Terkini

Iklan

Close x