Iklan

Iklan

Dirut RSUD Pagelaran Jelaskan Pentingnya Imunitas Tubuh Saat Vaksinasi Covid19

klikindonesia
1 Feb 2021, 10:20 WIB Last Updated 2021-02-01T03:36:38Z
Dirut RSUD Pagelaran dr. Sanny Sanjaya, jelaskan vaksinasi, asupan nutrisi dan ketenangan bathin adalah ikhtiar guna memperkuat imunitas tubuh dari serangan Covid19

NET.9.COM | CIANJUR -Tenaga Kesehatan (Nakes) dan Non Nakes di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pagelaran menerima Vaksinasi Covid19, pada Senin Pukul 08.00 tadi pagi. Didahulukannya para pegawai di Fasilitas Kesehatan (Faskes) seperti Rumah Sakit ini karena kelompok Nakes ini paling rentan terpapar Virus Corona.

"Jumlah vaksin disesuaikan dengan banyaknya karyawan RSUD Pagelaran ini 245," ujar Direktur Utama (Dirut) RSUD Pagelaran, dr. Sany Sanjaya kepada netsembilan.com. Senin (01/02/2021).

Vaksinasi sekarang ini adalah bagian pertama untuk 100 karyawan, yang dilaksanakan selama 5 jam. Untuk setiap jam, dibagi menjadi 20 orang. Dan vansinasi akan dilanjutkan keesokan harinya terhadap sisa karyawannya. Sementara karyawan yang dalam kondisi hamil, menyusui atau terdapat penyakit bawaan tidak mendapatkan vaksinasi dulu.

"Kita perhatikan pula sisi protokol kesehatannya. Vaksinasi dibagi menjadi dua kelompok untuk dua hari ini demi mencegah terciptanya kerumunan massa," ungkap dr. Sany.

Dirut RSUD Pagelaran yang juga akrab disapa dokter Kirpop (Dzikir Populer) ini menjelaskan, vaksinasi Covid19 ini sangat dibutuhkan demi menjaga kekebalan tubuh manusia dari paparan virus mematikan. Bila tubuh rentan tanpa dibentengi vaksin, maka sekali terpapar Virus maka kemungkinan besar akan berakibat fatal bagi kesehatan tubuh.

"Vaksinasi ini memang bukan anti virus Covid19. Namun berupa benteng tubuh kita, apabila terserang paparan virus supaya tidak terlalu merusak imunitas tubuh kita," jelasnya.

Selain dari vaksinasi, lanjutnya, imunitas tubuh juga bisa diperoleh dengan asupan nutrisi yang baik dari makanan sehat. Demikian pula rasa senang, tenang dan kenyamanan bathin turut serta menjadi penunjang kekebalan tubuh manusia dari virus.

"Silahkan makan yang banyak, sehat dan hallal. Untuk kesenangan, ketenangan dan kenyamanan bathin bisa kita peroleh gratis, yaitu dengan rajin beribadah wajib, sunnah dan berdzikir," tambahnya.

Namun demikian, dibutuhkan pula penanganan awal yang wajib dilakukan oleh setiap lapisan masyarakat guna mencegah terpaparnya tubuh oleh Covid19, yaitu dengan mematuhi semua protokol kesehatan berupa memakai masker, menjaga jarak, rajin mencuci tangan dan laksanakan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

"Dengan prilaku seperti ini, kita bukan saja melindungi diri sendiri. Tapi melindungi orang tersayang di sekeliling kita," tutup dr. Sany Sanjaya. 

Laporan : (Ruslan Ependi)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dirut RSUD Pagelaran Jelaskan Pentingnya Imunitas Tubuh Saat Vaksinasi Covid19

Terkini

Topik Populer

Iklan

kiri kanan

CLOSE ADS
-->
CLOSE ADS
-->