Iklan


 

Iklan

PWI Jabar Sukses Laksanakan OKK Kepada 120 Wartawan

klikindonesia
15 Jan 2021, 05:59 WIB Last Updated 2021-01-14T22:59:48Z

NET9.COM | SUBANG - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Barat, mengawali rangkaian kegiatan di Tahun 2021 ini dengan menyelenggarakan Orientasi Kewartawanan dan Keorganisasian (OKK) kepada 120 para jurnalis, di Kantor PWI Jabar pada Kamis (14/01/2021) kemarin.

"Kegiatan OKK ini digelar selama tiga hari berturut-turut dari Hari Kamis 14 hingga Sabtu 16 Januari 2021," ujar Ketua PWI Jabar, Hilman Hidayat.

Hilman menjelaskan, kegiatan OKK ini diluar dugaan terjadi lonjakan jumlah peserta hingga mencapai 120, dari target awal yang hanya akan menyertakan 40 peserta saja. Inilah alasannya OKK dilaksanakan selama tiga, dari rencana awal, yakni satu hari.

"OKK merupakan bagian dari upaya PWI Jabar dalam mendorong peningkatan kualitas dan profesionalisme profesi wartawan," katanya.

Disamping itu, OKK juga diharapkan menjadi langkah strategis menyiapkan estafet keberlangsungan PWI sebagai organisasi para pemburu berita. Hal tersebut karena, setiap tahun, jumlah anggota PWI juga selalu ada yang memasuki masa pensiun.

"Sehingga, untuk keberlangsungan organisasi, tentu dibutuhkan penjaringan anggota-anggota baru," ujarnya.

Kendati begitu, lanjut Hilman, sebagai organisasi profesi, kualitas dan profesionalisme anggota PWI mutlak menjadi syarat wajib bahwa, OKK menjadi sebuah keharusan sebelum masuk menjadi anggota PWI.

Bagi wartawan yang ingin mengikuti OKK, masih menurut Hilman, salah satu syaratnya juga harus bekerja di media yang sudah berbadan hukum. Sementara untuk dapat menjadi anggota PWI, maka peserta juga harus dinyatakan lulus dalam OKK.

"Inilah upaya PWI Jabar dalam mencetak dan mendorong profesionalisme wartawan khususnya anggota PWI, " tandasnya.

Kegiatan OKK PWI Jabar diikuti dengan antusias oleh para wartawan sebagai prasyarat untuk menjadi anggota PWI. Dengan peserta yang melebihi dari target awal menjadi 120 orang, panitia akhirnya melaksanakan OKK menjadi tiga hari demi mematuhi protokol kesehatan yang ditentukan.

Sedangkan Ketua Panitia Penyelenggara OKK, Yayat Tahyan Supiat menambahkan, pihak panitia sangat mengapresiasi antusias peserta hingga melampaui dari target awal 40 peserta.

Yayat menegaskan, dengan jumlah peserta menjadi 120 orang, pihak panitia tetap menerapkan protokol kesehatan. Karenanya, untuk menghindari kerumunan serta penerapan jaga jarak, peserta dibagi menjadi tiga angkatan. Dan jika tak aral melintang, kegiatan OKK juga akan kembali digelar pada Maret 2021 mendatang.

"Semoga dari semua peserta dapat 100 persen lulus. Sehingga ke depan para peserta OKK dapat menjadi penerus dalam mengembangkan PWI Jabar lebih baik serta sumber daya wartawan yang berkualitas," tutupnya.


Laporan : Jayalangit
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • PWI Jabar Sukses Laksanakan OKK Kepada 120 Wartawan

Iklan


Terkini

Iklan