Iklan

Iklan

Tanam Perdana Tembakau Di Bukit Nyomot Di Hadiri Bupati Subang

klikindonesia
10 Des 2020, 19:45 WIB Last Updated 2020-12-10T12:45:33Z

NETSEMBILAN.COM | SUBANG- Bupati Subang, Haji Ruhimat atau biasa dipanggil Kang Jimat, menghadiri kegiatan penanaman Perdana Tembakau MT I, di bukit  Nyomot Kecamatan Serangpanjang Kabupaten Subang, kamis, 10/12/20. 

Plt. Kepala Dinas Pertanian dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada 7 kelompok petani yang pada hari ini menerima bantuan bibit tembakau.

PLT. Kadis Pertanian juga menginformasikan kegiatan kegiatan yang saat ini sedang dilaksanakan  di Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Subang, instruksi dari Kementan, melalui Direktur Jenderal Tanaman Pangan, agar menerapkan Sistem IP Padi 400, artinya dengan IP Padi 400, petani bisa menanam dan memanen padi sebanyak empat kali dalam setahun. 

Caranya, yakni dengan mengefektifkan masa tanam, di mana selama tiga bulan petani harus mampu menanam padi dari mulai persemaian sampai panen. 

Ketua DPD Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI ) Jabar, Bapak Suryana menyampaikan, tembakau adalah komoditas yang menguntungkan Saat ini, Pengusaha singapura bahkan meminta supply sebanyak  150 Ton, khusus untuk komoditas  tembakau Subang, yang sampai saat ini tidak dapat dipenuhi, padahal ini adalah peluang yang sangat baik, untuk para petani tembakau.

Kang Jimat dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada perhutani yang sudah merespon dan mensupport keinginan pemkab Subang untuk melakukan pengelolan  lahan lahan tidur yang saat ini tidak  dikelola.  

Kang Jimat meminta kepada para petani yang menggarap lahan, agar menjalankan kewajiban dan tidak di tinggalkan, dengan metode tumpang sari, dengan demikian prinsip pengelolaan hutan lestari dapat terwujud. 

Kang Jimat meminta Dinas pertanian bisa mengedukasi masyarakat, lahan jangan sampai di biarkan,  Kang Jimat berharap petani dapat sejahtera, tentunya dengan bertani komoditas komoditas yang memilki nilai ekonomis tinggi. 

Tinggal teman-teman  PPL di desa kecamatan bagaimana  mengedukasi memberikan penjelasan kepada petani. 

Kang jimat menginginkan ada perubahan, bahkan kang Jimat menginginkan para penyuluh pun memiliki keuntungan dari lahan garapan. 

Kang jimat berharap penyuluh dapat mengelola lahan khusus tanaman tembakau, selain sebagai sarana penelitian dan pelatihan, juga dapat dimanfaatkan untuk nilai ekonomis. 

Kang Jimat mengatakan menanam tembakau bukan soal meningkatkan PAD, akan tetapi kalau kesejahteran petani tembakau meningkat maka PAD juga meningkat. 

Kang Jimat menyampaikan apresiasi para petani tembakau yang sudah lebih dahulu merintis tanaman tembakau di tanjung siang. 

Mengelola atau budidaya tembakau memiliki nilai jual yang lebih baik dibanding dengan pisang atau singkong. 

Kang Jimat meminta APTI dapat membimbing masyarakat Kabupaten Suban. 

Terlebih Kang Suryana, sangat concern dalam pengembangan pertanian tembakau di Jawa Barat. 

Kang Jimat dalam kesempatan tersebut menyampaikan apresiasi kepada Dandim 0605 Subang bersama jajarannya yang sudah banyak mensupport pembangunan di Kabupaten Subang.  

Dalam waktu dekat pihaknya akan mememulai pembangunan akses Patimban Cilamaya. 

Dalam kesempatan tersebut, diserahkan bantuan bibit secara simbolis dari Kang Jimat kepada Hadi Ruhenda Ketua Kelompok Tani Batu Alam Desa Talagasari Kecamatan Serangpanjang, Adi Sasmita  Ketua Kelompok Taruna Tani Berkah  Pasir Jaka Desa Cimanggu Kec. Cisalak,
Ateng Suryadi, Ketua Kelompok Tani  Tunas Harapan II, Desa  Sukamelang, Kec. kasomalang. Wawan Kelompok Tani, Lembah Barokah  Desa Cibuluh, Kec Tanjungsiang. Ahmad Kosasih, Kelompok Tani Bulan Satu Kecamatan Subang. 


Plt. Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Subang juga menyerahkan kepada Kang Jimat, produk Tembakau mole yang dipanen dari lahan tembakau di Tanjungsiang dan Serangpanjang. 

Kang Jimat bersama Hj. Yoyoh Ruhimat, didampingi Dandim 0605 Subang, Plt. Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Subang, dan Camat Serangpanjang,  melaksanakan penanaman perdana bibit bakau di lahan yang sudah disiapkan oleh Pemkab Subang bekerjasama dengan pihak Kodam 3 Siliwangi.


Laporan : Jayalangit
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tanam Perdana Tembakau Di Bukit Nyomot Di Hadiri Bupati Subang

Terkini

Iklan