Iklan


 

Iklan

Distan Kota Padang Sidimpuan Kunjungi Lambar Lakukan Pembelajaran Kopi Robusta Liwa

klikindonesia
2 Des 2020, 20:37 WIB Last Updated 2020-12-02T13:37:27Z

LAMPUNG BARAT // - Dinas Pertanian Kota Padang Sidimpuan lakukan kunjungan pembelajaran Kopi Robusta Liwa Lampung Barat (Korolla). Kunjungan sebanyak 6 orang yang dipimpin Bambang Supriono SP.  selaku Kepala Bidang Tanaman Pangan,  hortikuktura dan perkebunan Kota Padang Sidimpuan. Kunjungan diterima Kepala Bidang Perkebunan Dinas Perkebunan dan Peternakan Lampung Barat, Sumarlin, SP, MP., di Sekolah Kopi Lampung Barat, Rabu (2/12/2020). 

Kepala Bidang Perkebunan Dinas Perkebunan dan Peternakan Lampung Barat, Sumarlin, SP, MP., mendampingi Kepala Dinas Agustanto Basmar menyampaikan bahwa, “ hari ini kita mendapat kunjungan dari Dinas Pertanian Kota Padang Sidimpuan dalam rangka Kunjungan Pembelajaran Kopi Robusta Liwa,” ujarnya.


Lebih lanjut Sumarlin menjelaskan bahwa, setelah usai memperkenalkan kebijakan pembangunan perkebunan Kopi Robusta Liwa Lampung Barat, seperti keberadaan Sekolah Kopi sebagai sentra wisata edukasi kopi di Lampung, juga disampaikan 4 klon Korolla yang telah mengantongi pengakuan keungulannya melalui keputusan Menteri Pertanian dengan pelepasan keempat klon dimaksud yang saat ini juga telah ditetapkan Pohon Induk Terpilih (PIT)  korolla 1 - 4 tersebut, tambah Sumarlin.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan juga proses pembelajaran yang dilakukan dengan ngobrol santai tentang pemeliharaan kopi Robusta Lampung Barat, melalui penjelasan kepala UPT Kebun Induk kopi Suroso dan pengelola KSB  Nasrun, seperti bagaimana menyambung tak ent maupun sambung batang, pemangkasan dan pembeniham kopi.

“ Rombongan terdiri atas koordinator PPL dan Analis Lahan Pertanian serta pengelola pengendali OPT
besok kunjungan tim akan diakhiri berdiskusi dengan Ahmad Supriyono selaku komunitas Promin2Ton (produksi minimal 2 ton) dikebun kopi sekincau, “  jelasnya.


Selanjutnya kunjungan dilakukan dengan melihat lihat kebun produksi disekitar sekolah kopi serta diteruskan ke Kebun Sumber Benih Korolla yang dikelola Nasrun di Sukajaya. Dengan bersama sama menandatangani Nota Kesepahaman bersama dalam rangka pengembangan serta pemanfaatan Sekolah Kopi Lampung Barat guna pembangunan perkebunan kopi di daerahnya masing masing,” pungkas Sumarlin.


Laporan : R.A
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Distan Kota Padang Sidimpuan Kunjungi Lambar Lakukan Pembelajaran Kopi Robusta Liwa

Iklan


Terkini

Iklan