Iklan

Iklan

Bupati Subang Dampingi Menkop UMKM Resmikan Breeding Farm Di Serang Panjang Subang

7 Des 2020, 21:27 WIB Last Updated 2020-12-07T14:27:58Z

NET | SUBANG- Bupati Subang, Haji Ruhimat atau Kang Jimat, mendampingi Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia, Teten Masduki  untuk meresmikan Breeding Farm Grand Parent Stock  (GPS) Ayam petelur (Layer) Koperasi Pinsar  Unggas Nasional Sejahtera, di Kp. Datar, Kawaor, Desa Cintamekar Kec. Serang Panjang Kabupaten Subang, senin, 07/12.

Ketua Umum Koperasi Pinsar Unggas Nasional Sejahtera Haji  Singgih Januratmoko dalam sambutannya menyampaikan terimakasih atas kehadiran Menkop bersama jajaran  dan Bupati Subang yang bersedia bergabung dengan Para peternak unggas  untuk meresmikan Breeding Farm. 

Singgih mengatakan ]untuk pertama kalinya usaha breeding GPS ayam layer dijalankan sejumlah peternak yang bergabung dalam wadah koperasi. Selama ini, disampaikan Singgih, walau usaha peternakan ayam petelur 98 persen dijalankan peternak rakyat dan peternak UKM, namun di sektor hulu, yaitu pembibitan GPS yang menghasilkan PS masih didominasi perusahaan maupun konglomerasi peternakan terintegrasi.

Kedepan breeding farm ini akan terisi 5.000 GPS dan akan menghasilkan sekitar 450 ribu Parent Stock (PS) setiap tahunnya.  Hasil produksi Pinsar  nantinya akan diserap oleh sejumlah koperasi dan UMKM  ayam petelur, misalnya di Lampung Bogor Ciamis Yogyakarta, mudah-mudahan kehadiran Koperasi Pinsar dapat menjadi trend setter dan berkah bagi Koperasi peternakan peternakan khususnya unggas dan untuk itu tugas Kementerian Koperasi maupun Kementerian Pertanian, bantuan dan supoort sangat pihaknya sangat harapkan. 

Kang jimat dalam sambutannya menyampaikan kebahagiaan karena pada hari ini dapat hadir mendampingi Menteri Koperasi. Kang Jimat menyampaikan optimismenya Koperasi ini bersedia untuk menjadi bapak angkat dari pada koperasi-koperasi yang ada di Kabupaten Subang. 

Kang Jimat menyampaikan dukungannya untuk kiranya mendapatkan bantuan pinjaman modal koperasi koperasi di Kabupaten Subang, mudah-mudahan bisa meningkatkan dan membimbing Koperasi koperasi yang ada di Kabupaten Subang. terlebih-lebih kita ketahui Pak Jokowi dalam waktu dekat akan meresmikan pelabuhan Patimban, Kang Jimat tidak menginginkan masyarakat Subang jadi penonton, untuk itu peran koperasi sangat sentral dalam meningkatkan kesejahteran petani, peternak maupun nelayan.

Menteri Koperasi  dan UKM dalam arahannya menyampaikan hari ini adalah Sejarah bagi perunggasan Indonesia di mana koperasi pinsar sekarang sudah masuk ke hulu  yg nanti akan menghasilkan final stock. Grand Parent Stock  (GPS) saat ini dikuasai oleh agregator atau pengusaha besar, saat ini koperasi memiliki potensi untuk itu, jadi peresmian breeding farm ini adalah tonggak bagi koperasi. 

Kemenkop menyampaikan seperti yang disampaikan oleh presiden di periode kedua ini presiden ingin memperkuat UMKM dan koperasi dalam perekonomian nasional, ini sangat strategis di mana kebutuhan protein hewani yang paling mudah dan cepat adalah  ayam dan telur yang saat ini menjadi pilihan utama konsumsi protein masyarakat, yg  sekarang data konsumsinya  12,79 kg rata-rata per tahun. jadi pilihannya memang salah satunya adalah unggas yaitu ayam. 

Jadi ini strategis selain untuk mencukupi kebutuhan protein masyarakat yang mudah cepat dan relatif murah, ini juga akan melibatkan usaha-usaha kecil pembesarannya dan Menkop yakin Subang dapat memanfaatkan potensi wilayah yang dimilikinya  untuk memasok ke sentra paling besar seperti Jabodetabek. 

Menkop menyinggung saat ini Subang memiliki pelabuhan patimban, dan saat ini ada kebutuhan ekspor 15.000 kontainer setahun untuk pisang, yang mana dengan peluang tersebut, Subang dapat.menjadi  produsen untuk komoditas tersebut. 

Menkop juga menyampaikan, jangan biarkan petani petani bekerja masing masing, para petani yang  berlahan sempit harus berkonsolidasi, sehingga Koperasi itu bisa menjadi  offtaker atau avalis dari para petani, sehingga nantinya bukan petaninya,  bukan peternaknya yang berhubungan dengan market tapi koperasinya. Begitu nanti ada  pembiayaan akan jauh lebih mudah untuk membiayai di hulu karena selama ini perbankan itu kecil sekali porsinya untuk membiayai di sektor hulu ini, karena permasalahan pertanian  bisa dipecahkan ketika koperasi tampil menjadi offtaker maupun avalis nya karena ada kepastian bahwa produknya dibeli.  

Menkop dalam penutup sambutannya mengucapkan prestasi setinggi-tingginya untuk koperasi Pinsar yang sudah mengambil inisiatif yang fundamental 

Dalam kegiatan tersebut, Kang Jimat bersama jajaran Menkop UKM melakukan peninjauan lokasi pembibitan.(Jayalangit) 
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bupati Subang Dampingi Menkop UMKM Resmikan Breeding Farm Di Serang Panjang Subang

Terkini

Topik Populer

Iklan

kiri kanan

CLOSE ADS
-->
CLOSE ADS
-->