Iklan

Iklan

Syukuran Nelayan Ke-53 Di KUD Mina Fajar Sidik, Dibanjiri Sejumlah Bantuan

klikindonesia
30 Nov 2020, 12:36 WIB Last Updated 2020-11-30T05:36:52Z

NETSEMBILAN.COM | SUBANG- Bupati Subang, Haji Ruhimat, atau Kang Jimat menghadiri kegiatan syukuran nelayan ke-53 KUD Mandiri Mina Fajar Sidik di Kecamatan Blanakan Kabupaten Subang Minggu pagi, 29 November 2020. 

Bapak H. Dasam dalam sambutan sekaligus laporan Kegiatan menyampaikan ditengah situasi yang masih belum menentu karena pandemi Covid19, pihaknya sebagai lembaga ekonomi tidak boleh mengeluh dan meratapi kondisi saat ini, pihaknya berjuang  agar roda perekonomian tetap berjalan. 

produksi ikan dari mulai bulan Juni Juli Agustus September Oktober November meningkat yang sebelumnya di kisaran rata-rata sehari 10 ton, pada bulan-bulan puncak produksi, dalam satu hari  bisa mencapai 50 ton. 

H. Dasam mengatakan meskipun adanya modal yang macet KUD  tetap bisa melakukan pembayaran terhadap nelayan, dan tidak ada yang di hutang satu kali pun. 

KUD Mina Fajar Sidik dengan program mandiri, memberikan gratis 1 unit mesin untuk nelayan satu orang satu mesin dengan target 250 orang dan hingga saat ini sudah sampai ke 122 orang.

Program tersebut merupakan program mandiri agar mampu bertahan dari pandemi. 

H. Dasam dalam kesempatan tersebut mohon izin ingin membangun desa Blanakan menjadi  kawasan pemukiman nelayan yang tertata dengan apik rapi dan nyaman untuk ditinggali karena masih ada anggapan bahwa nelayan itu adalah masyarakat yang miskin secara struktural, lahan yang kehidupannya berantakan dan lain sebagainya. 

Selain pembangunan kawasan rumah nelayan yang sehat, pihaknya mengharapkan  ada tempat sarana olahraga yang mudah-mudahan di tahun 2021 dapat terlaksana.  

Modernisasi tata kelola penanganan perikanan juga harus menjadi prioritas, selain harus ada kolam pelabuhan pihaknya  yakin dengan kondisi yang ada seperti ini akan terjadi benturan-benturan ketika padatnya kapal yang bersandar, untuk itu pihaknya ingin sekali ada kolam pelabuhan supaya ketika kapal masuk, bongkar ikan di tempat pelelangan ikan, lalu masuk ke kolam pelabuhan sehingga tidak mengganggu aktivitas.

Kang Jimat dalam sambutannya menyampaikan merasa bangga akan langkah yang diambil oleh Koperasi Mina Fajar Sidik dalam mempertahankan roda perekonomian, semoga langkah tersebut dapat di contoh Koperasi lainnya di Kabupaten Subang, Kang Jimat mengapresiasi kegiatan syukuran yang diselenggarakan oleh Koperasi Mina Fajar Sidik dan kepengurusan yang memiliki visi ke depan. 

Kang Jimat menitipkan kepada pengurus atau penerima bantuan dari KKP, agar bisa menjaga dan merarawat bantuan yang telah di berikan, mudah-mudahan dapat lebih awet dan membawa manfaat. 

Kang jimat meminta kepada Kementrian KKP untuk memprioritaskan Subang sebagai tujuan pemberian bantuan untuk peningkatan dan pemberdayaan nelayan.  

Kang Jimat mengatakan pihaknya akan memulai pembangunan jalan selebar 20 meter sepanjang 37 KM, dengan kegiatan ground breaking yang juga akan dilaksanakan pada hari yang sama. 

Kang Jimat berharap dengan adanya jalan Patimban-Cilamaya, tidak ada lagi kesulitan untuk ekspor hasil tangkapan nelayan Kabupaten Subang.    

Dalam kesempatan tersebut diserahkan bantuan ikan patin dan ikan nila untuk KUD Mina Fajar Sidik dari CDPWU Sukamandi yang diserahkan oleh Bapak Yanto Sudirman. 

Juga diserahkan bantuan  mesin mandiri sebanyak 6 unit dari 122 Mesin dari KUD MPS kepada nelayan. 

Bantuan sarana pengembangan usaha nelayan kendaraan roda 3, untuk  KUD Mina Fajar Sidik sebanyak 4 unit, KUD Mandiri Mina Bahari 3 unit, KUD Mina Karya Baru sebanyak 1 unit, dan KUD Mina Saluyu sebanyak 3 unit.  Yang diserahkan oleh  Kasubdit Kenelayanan  Bapak Mahruz, S. STP dan Bupati Subang  

Bantuan gudang beku portable diserahkan Ibu Ir Artati Widiarti Ma. Ditjen PDSPKP Jakarta kepada kelompok aroma. 

Kang Jimat dalam kesempatan tersebut melakukan peresmian kantin KUD Mandiri Bina Fajar Sidik, dan meninjau bantuan gudang beku kelompok  Aroma. Bantuan gudang beku yang berkapasitas 30 ton senilai 950 jt.


Laporan : Jayalangit
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Syukuran Nelayan Ke-53 Di KUD Mina Fajar Sidik, Dibanjiri Sejumlah Bantuan

Terkini

Iklan