Iklan


 

Iklan

Kang jimat Dan Agus Maskur Sambut Bangga Kunjungan Dirjen PSP

klikindonesia
3 Okt 2020, 20:11 WIB Last Updated 2020-10-03T13:11:40Z

NET | SUBANG- Bupati Subang H. Ruhimat dan Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi menyambut bangga atas kunjungan Direktur Jendral Prasarana dan Sarana Pertanian (Dirjen PSP) Dr. Sarwo Edhy SP. MM untuk melaksanakan kunjungan kerja sekaligus untuk meninjau lokasi perkebunan manggis di daerah Kecamatan Serangpanjang.

Kedatangan Dirjen PSP Dr. Sarwo Edhy SP. MM ke Subang diterima di rumah dinas Bupati Subang. Sabtu (3/10/20).
Kunjungan tersebut membahas tentang proyek upland, Kerjasama pengembangan komoditas manggis Subang untuk memenuhi kebutuhan ekspor dan membahas permohonan bantuan eksapator yang sudah diajukan beberapa waktu yang lalu ke Kementerian Pertanian.

Kang Jimat dalam laporannya menyampaikan bahwa untuk saat ini para petani memang masih ada kendala terutama disaat musim kemarau dan pandemic covid-19 diantaranya kurangnya penyediaan pupuk dan air sehingga perlu diberikan bantuan solar untuk pompa sedot air .
Namun dalam menghadapi pandemic covid, Subang masih bisa bertahan dan mampu menjadi pemasok hasil pertanian sebagai ketahanan pangan Subang, Jawa Barat bahkan nasional. Apalagi kedepannya ada lahan perhutani yang siap untuk digarap sebagai lahan garapan dan lahan industry di lahan RNI yang mungkin akan ditanam berbagai macam tanaman pertanian diantaranya porang, jagung, padi dan lain0-lainnya.

Selain di sektor pertanian, Kang Jimat sapaan H. Ruhimat akan terus mengembangkan sektor peternakan dan perikanan di wilayah Subang dengan memberikan berbagai bantuan termasuk bantuan pinjaman kur untuk menunjang pengelolaan pertanian dan perikanan secara mandiri.

Direktur Jendral Prasarana dan Sarana Pertanian (Dirjen PSP) Dr. Sarwo Edhy SP. MM menyampaikan tertarik dengan wilayah Subang yang memiliki wilayah yang luas sehingga banyak peluang dalam peningkatan sektor pertanian diantaranya alahan RNI yang akan dijadikan lahan garapan dan lahan industry. 

Penyaluran dana proyek Upland akan dilakukan melalui 2 mekanisme. Pertama, mekanisme on granting (penerusan hibah) untuk kegiatan fisik. Seperti pembangunan insfrastruktur, prasarana lahan dan air serta pengadaan alsintan. Kedua, mekanisme tugas pembantuan untuk kegiatan non fisik. Seperti pelatihan, kegiatan demplot dan lain-lain.

Dalam proyek Upland, sasaran utamanya adalah meningkatkan perekonomian masyarakat. Tidak hanya untuk peningkatan produksi, tapi juga berorientasi ekspor.
Kementerian Pertanian akan memberikan pendampingan penyuluh satu pendamping satu desa yang merupakan wilayah penghasil komoditi manggis yang dikelola oleh swadaya petani atau masyarakat.

Dirjen PSP dalam mengurangi resiko gagal panen atau gagal tanam dalam menghadapi cuaca yang tidak menentu mengajak untuk melakukan water management yaitu pengelolaan air dan atur pola tanam dan supaya tidak rugi yaitu dengan mengikuti asuransi pertanian supaya mendapatkan pertanggungan bila terjadi serangan ha,a penyakit, banjir dan kekeringan.
Sentra produksi manggis di tersebar di Kecamatan Cijambe, Serangpanjang, Sagalaherang, Ciater, Jalan Cagak, Kasomalang, Cisalak, dan Tanjung Siang.

Dibukanya ekspor ke berbagai negara membawa angin segar bagi petani manggis di Subang. Petani Subang berlomba-lomba untuk meningkatkan produktivitas dan mutu buah karena peluang masuk pasar eksport terbuka lebar.

Pengembangan kawasan perkebunan manggis dilakukan untuk memacu ekspor. Ini merupakan bagian dari dukungan terhadap Gerakan Peningkatan Ekspor yang digagas Menteri Pertanian.

Laporan : Jayalangit
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kang jimat Dan Agus Maskur Sambut Bangga Kunjungan Dirjen PSP

Iklan


Terkini

Iklan