Iklan


 

Iklan

Kang Akur Lakukan Vicon Di Comment Center Diskominfo Terkait Penurunan Stunting Di Kabupaten Subang

klikindonesia
21 Okt 2020, 06:29 WIB Last Updated 2020-10-20T23:29:45Z

NET | SUBANG- Dalam upaya percepatan penurunan "gagal pertumbuhan tubuh dan otak pada anak akibat kekurangan gizi dalam waktu lama" (stunting) 2020, di Kabupaten Subang, Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi melakukan video conference (Vicon) dengan tim evaluasi percepatan penurunan stunting provinsi Jawa Barat.

Dari beberapa OPD terkait provinsi Jawa Barat, untuk penilaian kinerja Kabupaten/Kota di Jawa Barat dalam melaksanakan konvergensi pencegahan stunting.

Vicon dilaksanakan di comment center  kantor Diskominfo Kabupaten Subang yang turut dihadiri pula oleh para pimpinan  dari beberapa OPD terkait, diantaranya, dari Dinas Kesehatan, DP2KBP3A, Dinas PUPR, BP4D, Dinas Ketahanan Pangan, Diskominfo, Disdikbud, Dispemdes, Dinas Sosial dan Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Subang, selasa (20/10/20).

Dalam penilaian secara vicon tersebut Kang Akur sapaan Wakil Bupati Subang Agus Masykur melakukan presentasi tentang upaya Kabupaten Subang dalam  percepatan penurunan stunting 2020, selama 30 menit, dilanjutkan dengan sesi diskusi dengan tim evaluasi atau tim penilai dari Provinsi Jawa Barat selama 60 menit.

Penetapan lokus stunting di kabupaten Subang, kasus stunting pada pada balita Lebih dari 8%, layanan kesehatan ibu hamil, bayi, remaja, dan ibu nifas dibawah 100%, akses sanitasi dan ketersediaan air minum layak dibawah 100%.

Tujuan dari pencegahan stunting di Subang yaitu meningkatkan peran lintas sektor dan unsur masyarakat dalam percepatan penurunan stunting di kabupaten Subang serta mencegah terjadinya stunting baru.

Kang Akur sangat mendukung sepenuhnya program pemerintah untuk mewujudkan zero stunting baru pada tahun 2023 dan Kabupaten Subang menargetkan stunting kurang dari 8% pada tahun 2020 memuju Subang Jawara.

Target Subang pada tahun 2021 stunting di  Subang berada di level dibawah 5% dan tahun 2023 targetnya zero stunting baru sesuai target stunting Jawa Barat.

Berbagai aksi dilakukan oleh pemerintah daerah Kabupaten Subang dalam pencepatan penurunan stunting diantaranya pembinaan KPM di 253 Desa/Kelurahan, manajemen data, Analisa data hasil bulan penimbangan balita dan publikasi data dan informasi, kegiatan percepatan penurunan stunting
Berbagai inovasi satgas percepatan penurunan stunting Kabupaten Subang (Kamisan Stunting) dialakukan oleh OPD terkait tingkat Kabupaten / anggota satgas stunting untuk terwujudnya intergrasi – sinergitas penanganan dan percepatan penurunan stunting di Kabupaten Subang.

Pencegahan stunting perlu adanya penguatan koordinasi lintas sektor yang sudah terbangun, terutama dalam hal linierisasi kegiatan dari hulu sampai hilir (remaja putri sampai dengan anak bawah dua tahun), peningkatan sebaran informasi kepada Kelompok Penerima Manfaat (KPM) PKH melalui perangkat daerah terkait dan peningkatan dukungan anggaran di semua perangkat daerah.

Hal tersebut perlu dilakukan mengingat Subang presentase penduduk miskin masih tinggi, ada 10% KPM PKH masih terbatas informasi.


Laporan : Jayalangit
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kang Akur Lakukan Vicon Di Comment Center Diskominfo Terkait Penurunan Stunting Di Kabupaten Subang

Iklan


Terkini

Iklan